Home » » Hitang-Hitung Biaya Renovasi Rumah

Hitang-Hitung Biaya Renovasi Rumah

Written By Eko Marwanto on Saturday, 12 November 2011 | 02:50

Renovasi rumah terkadang dilakukan oleh sang pemilik rumah, jika merasa bosan atau memang harus ada bagian rumah yang mengalami kerusakan, sehingga mau tidak mau harus segera memperbaikinya dan mungkin dilakukan sedikit renovasi atau perubahan sekalian.


Merenovasi rumah memang penting, karena faktor keamanan dan kenyamanan para penghuninya tetap menjadi hal utama. Namun, urusan renovasi kerap kali terkendala masalah biaya. Jauh sebelum renovasi dilakukan, yang terbayang adalah besarnya uang yang harus dikeluarkan untuk urusan satu ini dan bakal menguras kantong.

Menjaga atau merawat memang lebih baik dari pada mengobati, namun terkadang kita sayang untuk mengeluarkan biaya perawatan, padahal jika sudah terjadi kerusakan, mungkin biaya yang dikeluarkan akan lebih besar dan itu HARUS segera dilakukan, sehingga mau tidak mau harus mengeluarkan biaya untuk perbaikan, padahal hal tersebut tidak kita anggarkan sema sekali.

Untuk mencegah terjadinya pengeluaran yang banyak dalam memperbaiki rumah, memang ada baiknya kita merawatnya, supaya biaya perawatan tidak terasa membobol kantong, berikut ini adalah beberapa tips yang dapat menjadi acuan kita bersama:

Konsep
Pertama, tentukan konsep renovasi rumah Anda dengan matang. Apakah Anda akan melakukan perombakan keseluruhan atau hanya pada ruang-ruang tertentu. Bila sudah ditentukan, silakan membuat daftar yang akan direnovasi berdasarkan skala prioritas. Misalnya, atap rumah bocor sebagai prioritas pertama, kemudian plafon bolong sebagai prioritas kedua, dan mengganti cat dinding yang terkelupas karena rembesan air hujan sebagai prioritas ketiga.

Anggaran
Langkah kedua, bila Anda sudah memprioritaskan apa saja yang hendak direnovasi, selanjutnya adalah menentukan anggaran atau biayanya. Biaya tidak akan melambung tinggi bila Anda sejalan dengan konsep renovasi. Biaya menjadi mahal karena terkadang terpikirkan hal-hal lain di luar skala prioritas renovasi.

Untuk menghemat, Anda bisa melakukan survei ke toko-toko bahan bangunan untuk mengecek bahan yang berkualitas, tetapi pas dengan kantong Anda.

Waktu renovasi
Hal lain yang utama dipertimbangkan adalah pilihan waktu renovasi. Pemilihan waktu yang tepat akan mempermudah tenaga pelaksana dalam merenovasi rumah Anda. Misalnya, merenovasi atap pada musim hujan seperti saat ini hanya akan mempersulit proses pembangunan dan menghambat target selesainya renovasi.

Penggantian barang
Keempat, ada baiknya beberapa barang yang masih baik kualitasnya tidak usah buru-buru diganti. Misalnya, rangka atap rumah atau instalasi listrik masih bisa digunakan apabila keadaannya baik dan berfungsi sempurna.

Tenaga ahli
Gunakan tenaga ahli yang benar-benar dapat Anda percaya. Tak salah bila sebelumnya Anda mencari referensi terlebih dulu dari teman atau kerabat dekat. Misalnya, kontraktor dengan rekam jejak yang baik sehingga renovasi selesai tepat waktu.

Rencanakan dan anggarkan pengeluaran ini dari jauh hari, persiapkan dengan matang, konsultasikan dengan mereka yang sudah berpengalaman, agar anda tidak merasa tertipu oleh pekerja maupun dengan harga barang yang dibeli.
advertisement


0 comments:

Post a Comment

Info Populer

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus
Subscribe me on RSS