Home » » Penghambat Proses Pengajuan KPR

Penghambat Proses Pengajuan KPR

Written By Eko Marwanto on Thursday, 12 July 2012 | 11:07

Sudah pernah berurusan dengan pihak bank? Jika sudah pernah, terutama untuk urusan pembiayaan, biasanya bank yang bimbang untuk menyetujui pengajuan anda sering mengulur waktu, semua itu dipertimbangkan bank agar mereka tidak mendapatkan resiko yang besar atas sebuah ketidakpastian.

Berikut ini sebenanya beberapa pertimbangan bank yang sering menjadi acuan bank dalam menyetujui pengajuan pembiayaan, terutama untuk urusan pengajuan KPR:

Karyawan yang gajinya tunai.
Gaji tunai walaupun besar tidak dapat dideteksi perputarannya oleh bank, lain hal jika gaji yang anda peroleh di transfer oleh perusahaan, jadi anda dapat melampirkan buku tabungan anda agar bank dapat melihat arus kas bulanan anda. Solusi jika anda memperoleh gaji tunai adalah dengan cara membuka tabungan dan mengisinya setiap bulan. Kalau anda PNS, hanya tinggal menambahkan fotocopy buku besar, Kalau karyawan swasta, berkas dukungan lainnya adalah fotocopy SPT Pph 21 .

Masih memiliki hutang kartu kredit.
Jika anda memiliki kredit macet untuk urusan kartu kredit ini, nama anda segera akan masuk dalam daftar orang yang memiliki rekam jejak keuangan tidak baik di Bank Indonesia. Makannya jangan pernah membuat nama anda kelek dalam sejarah keuangan di bank manapun. Karena nantinya Nama anda akan dicatat di blacklist BI dan akan bersih lagi setelah tiga tahun. Sebenernya sih akan dilihat kasus per kasus, dalam hal ini, pihak bank tidak pukul rata.

Punya angsuran kendaraan atau pinjaman lain.
Jangan kuatir, kalau ada pendapatan lain yang bisa dibuktikan dengan laporan keuangan & kepemilikan usahanya, boleh juga disertakan untuk nambah penghasilan. Atau gabungan pendapatan dengan pasangan juga bisa. Penjelasannya adalah karena dengan masih adanya angsuran kendaraan,maka daya bayar KPR anda jadi menurun karenba masih harus membayari kredit mobil. saran kami, karena nilai mobil terue menurun, lunasi dulu mobilnya baru ambil KPR yang nilai rumahnya terus naik.

Belum bekerja selama 2 tahun sebagai pegawai tetap
Ini berarti bank akan memandang anda tidak mempunyai arus kas pendapatan tetap. Kalau sebelumnya anda sudah bekerja selama 2 tahun di perusahaan yang lama, bisa disertakan surat referensinya. 

Rumah yang diincar, tidak “marketable”
Maksudnya tidak marketable itu susah dijual lagi. Contohnya kalau rumahnya di dalam gang, di area berbahaya, di tengah kuburan, atau dalam area pasti banjir. Jadi kemungkinan pertimbangan bank akan sulit menerima pengajuan anda, karena pihak bank akan berfikir kalau anda tidak mampu membayar, bank akan kesulitan untuk menjual rumah ini.
advertisement


0 comments:

Post a Comment

Info Populer

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus
Subscribe me on RSS