Home » » Persiapan Membeli Rumah

Persiapan Membeli Rumah

Written By Eko Marwanto on Thursday, 12 July 2012 | 20:50

Banyak pertimbangan memang penting, terutama menimbang kondisi keuangan dengan jumlah cicilan beserta uang muka rumah yang akan diambil, lokasi perumahan, bebas bencana, dan akses trasnportasi juga penting saat ingin membeli sebuah rumah.

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat menjadi acuan bagi anda yang saat ini sedang ingin memiliki sebuah hunian.

Mengumpulkan Informasi
Kumpulkan selengkap mungkin informasi rumah yang akan dibeli, seperti status tanah dan bangunan, kepemilikan, serta harga yang ditawarkan. Jangan membeli rumah di perumahan yang banyak dibeli spekulan, karena perumahan tersebut pasti akan sepi penghuni. Hal ini akan berpengaruh pada perkembangan harga rumah, serta juga membandingkan dengan beberapa properti yang serupa.

Mengamati Kondisi Rumah
Perhatikan secara teliti kondisi bangunan, tata letak, dan interior rumah. Bila perlu, jelajahi setiap ruangan dan tanyakan semua secara detail kepada pemilik atau pengembang.

Mempelajari Harga Pasar
Kumpulkan dan bandingkan harga-harga rumah yang berlaku saat ini, di wilayah tersebut dengan jenis rumah yang sama. Dengan mempelajari pasaran harga, akan ditemukan harga yang terbilang wajar dan tidak mahal.

Meminta Pendapat Pihak Ketiga
Mintalah pendapat dari pihak lain (second opinion) tentang rumah yang diinginkan. Pihak ketiga yang dapat diminta pendapat antara lain keluarga, sahabat, agen properti, atau penilai profesional, yang dapat menilai secara objektif mengenai kondisi dan harga rumah tersebut.

Menghubungi Notaris
Gunakan jasa Notaris untuk membantu proses transaksi pembelian rumah. Sebab, masalah hukum dalam jual-beli rumah adalah hal kompleks, rumit, dan memerlukan kepastian hukum.

Mengatur Sistem Pembayaran
Pembayaran atas transaksi rumah harus diatur dengan baik. Akan lebih baik jika sistem pembayaran dilakukan dengan mudah dengan meminimalkan risiko kejahatan bagi kedua belah pihak, seperti melakukan pembayaran melalui transfer bank.

Setelah mencari dan sudah menemukan rumah yang sesuai dengan apa yang anda harapkan, minimal mendekati apa yang anda inginkan. Segeralah mengajukan pengajuan ke Bank untuk Kredit kepemilikan rumah tersebut!.
advertisement


0 comments:

Post a Comment

Info Populer

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus
Subscribe me on RSS