Home » » Bunga Bank dan Produk KPR

Bunga Bank dan Produk KPR

Written By kprbersubsidi on Wednesday, 3 October 2012 | 01:49

Tertarik program pembiayaan perumahan dengan cara kredit pemilikan rumah (KPR), namun bingung memilih yang mana? Jangan dulu terpikat, banyak hal mesti dipertimbangkan.

Tentu saja, bila Anda menyadari, belakangan ini banyak perbankan menawarkan program KPR dengan tawaran bunga menarik. Namun sebelum terpikat, Anda harus memahami bahwa KPR bersifat anuitas bukan flat. Simak beberapa pertimbangan ini: 

Bunga kredit
Perbandingan antara bunga kredit dan pokok tidak sama selama kurun waktu kredit. Pada awal tahun, bunga menjadi lebih besar.

Cicilan
Saat melunasi, tidak bisa dipisahkan antara besaran uang pokok dan bunganya. Cicilan hutang terdiri dari pokok dan bunga, namun seluruh saldo hutang KPR adalah sisa pokok hutang.

Lokasi
Untuk memudahkan memilih perbankan dengan fasilitas KPR, Anda bisa mencari bank dengan lokasi kerja atau rumah Anda. Cara ini akan memudahkan saat pengurusan kepentingan terkait KPR sehingga menghemat waktu.
Jika tak nyaman hanya berdasarkan kemudahan lokasi, Anda dapat menghubungi perbankan yang memiliki interaksi terbanyak dengan Anda. Misalnya, bila gaji Anda selama ini ditransfer ke salah satu bank, begitu pula kartu kredit, ada baiknya Anda memulai memilih dari bank ini. Pengurusan menjadi lebih mudah apabila bank sudah terlebih dahulu mengetahui track record keuangan Anda.

Bank rekomendasi
Cara lainnya ialah menghubungi bank atas rekomendasi developer atau broker. Bank rekomendasi ini tentunya memiliki daftar penawaran lebih baik, misalnya seperti down payment yang bisa diangsur atau suku bunga lebih rendah. Dalam tahap ini, informasi awal dari 3-4 bank mengenai opsi untuk nasabah telah dimengerti.

Pengecekan silang
Selanjutnya, Anda bisa melakukan pengecekan silang terhadap kenyataan sebenarnya. Pengecekan bisa dilakukan lewat teman atau komunitas yang membahas KPR. Perlu Anda ingat, dalam satu cabang bank terdapat petugas analisis kredit berbeda. Kemungkinan, terjadi perbedaan untuk plafon yang diberikan, besaran bunga, hingga layanan purna jual dari bank tersebut. Maka, bila teman atau saudara Anda merasa puas dengan bank tersebut, belum tentu hal tersebut berlaku untuk Anda.
advertisement


0 comments:

Post a Comment

Info Populer

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus
Subscribe me on RSS