Home » » Dana Bantuan Bedah Rumah Oleh Kementrian Perumahan Rakyat

Dana Bantuan Bedah Rumah Oleh Kementrian Perumahan Rakyat

Written By kprbersubsidi on Wednesday, 9 January 2013 | 22:29

liiurfm.com

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Perumahan Rakyat (Menpera) Djan Faridz mengemukakan saat ini masih banyak masyarakat di daerah yang tinggal di rumah yang tidak layak huni. Tentunya, tegasnya, hal tersebut harus mendapat perhatian khusus dari pemerintah daerah (Pemda) setempat. Rumah yang tidak layak huni tersebut bisa berupa rumah yang lantainya terbuat dari tanah, atapnya bocor, jendela yang tidak memiliki ventilasi yang cukup memadai serta dinding rumah yang rusak.

Kemenpera, menurut Djan Faridz, melalui Deputi Bidang Perumahan Swadaya berusaha membantu Pemda serta masyarakat melalui program bedah rumah yang dilaksanakan secara tersebar di seluruh Indonesia. Adanya keikutsertaan DPD tentunya akan semakin membantu serta mendorong masyarakat serta Pemda untuk mensukseskan program tersebut.

“Kemenpera akan memberikan bantuan untuk bedah rumah sekitar Rp 6 juta. Bantuan tersebut nanti bisa digunakan untuk mengecor lantai dan plester dinding yang rusak, mengganti atap serta memperbaiki jendela sehingga rumahnya lebih nyaman untuk dihuni,” terangnya.

Lebih lanjut, Djan Faridz menambahkan, jumlah bantuan tersebut dirasa mencukupi mengingat rumah masyarakat di daerah rata-rata tidak terlalu besar. Selain itu, harga bahan bangunan juga masih terjangkau serta dapat melibatkan masyarakat sekitar sehingga biaya pembangunan lebih sedikit.

“Program bedah rumah seperti ini sebenarnya telah lama dilaksanakan oleh Kemenpera. Dan tentunya program seperti itu sangat membantu masyarakat sehingga mereeka bisa menempati rumah yang layak,” harapnya.

Lebih lanjut ia menuturkan Kemenpera juga saat ini sedang menjajaki kerjasama dengan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) untuk pelaksanaan program bedah rumah di daerah-daerah. Keterlibatan DPD diharapkan dapat membantu Kemenpera dalam menyerap aspirasi masyarakat di daerah terkait penyaluran bantuan perumahan swadaya melalui program bedah rumah.

“Kami (Kemenpera-red) sedang menjajaki kerjasama dengan DPD untuk dapat menyerap aspirasi masyarakat terkait program bedah rumah di daerah-daerah,” ujar Menteri Perumahan Rakyat (Menpera) Djan Faridz pada sejumlah wartawan di Kantor Kemenpera, Jakarta, Senin (9/1/2012).

Program seperti ini memang sangat baik dan sangat mulia kelihatannya. Namun program yang seperti ini memang harus dipantau secara terus menerus. Karena mereka yang menerima bantuan belum terdefinisi secara spesifik. Kerjasamanya pun hanya pada DPD, siapa yang menjamin tidak adanya penyelewengan dan nepotisme disana?

advertisement


0 comments:

Post a Comment

Info Populer

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus
Subscribe me on RSS