Home » » Bunga KPR Bisa Turun di Tahun 2013

Bunga KPR Bisa Turun di Tahun 2013

Written By Eko Marwanto on Sunday, 17 March 2013 | 19:28


Menurut Teguh Satria Ketua Dewan Pertimbangan Organisasi Persatuan Perusahaan Real Estate Indonesia (REI) yang dikutip dari Bisnis.com, mengatakan Suku bunga kredit pemilikan rumah bersubsidi dapat ditekan menjadi sekitar 2%-3% jika skema tabungan perumahan rakyat yang diusulkan pengembang disetujui karena bunga tersebut untuk menutupi biaya overhead pihak bank dan risiko mereka ketika menyalurkan kredit.

pendanaan yang disalurkan oleh ihak bank berasal dari tabungan perumahan rakyat, sehingga bank cuma menanggung biaya administrasi, overhead cost, dan risiko kredit karena tenornya panjang.

Dalam skema yang diusulkan REI, pungutan TAPERA dilakukan terhadap semua WNI yang sudah berpenghasilan di atas kriteria Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP), termasuk presiden. Pemberi kerja juga terkena pungutan tersebut dengan persentase yang sama yakni 1%.

Dengan skema ini, diperkirakan negara mampu menghimpun dana sekitar Rp24, 7 triliun. Dari jumlah tersebut, jika pihak bank menginginkan biaya penyaluran, maka bisa diberikan 1% atau sekitar Rp240 miliar.

Apabia hal ini dapat terealisasi maka kemungkinan masyarakat berpenghasilan rendah yang menerima program KPR bersubsidi akan mendapatkan keringanan beban bunga.
advertisement


0 comments:

Post a Comment

Info Populer

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus
Subscribe me on RSS