Home » » Gaji Upah Minimum Propinsi (UMP) Tetap Bisa Punya Rumah Sendiri

Gaji Upah Minimum Propinsi (UMP) Tetap Bisa Punya Rumah Sendiri

Written By kprbersubsidi on Friday, 30 August 2013 | 14:39

Melalui program Fasilitas Liquiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) KPR bersubsidi, pemerintah memberikan keringanan uang muka sejumlah 10 % khusus bagi masyarakat berpenghasilan rendah yang mengambil rumah dengan harga batas maksimal program KPR bersubsidi.

Masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) atau kelas menengah ke bawah seharusnya sudah bisa memiliki rumah layak huni dengan cara mencicil dengan penghasilan yang ada. Misalnya di Jabodetabek, upah mimimum provinsi (UMP) mencapai Rp 2,2 juta/bulan. Namun apakah dengan penghasilan sebesar itu bisa mencicil rumah?

Ketua Umum Asosiasi Pengembang Perumahan dan Pemukiman Seluruh Indonesia (Apersi) Eddy Ganefo mencontohkan, dengan penghasilan rata-rata UMP sebesar Rp 2,2 juta/bulan, masyarakat harusnya mampu punya rumah sendiri.

Program rumah murah yang diberikan pemerintah untuk masyarakat berpenghasilan rendah menjadi salah satu jalan menjangkau masyarakat untuk bisa punya rumah layak huni. Dengan uang muka sebesar Rp 8 juta dan cicilan Rp 300 ribu per bulan, masyarakat sudah bisa mendapatkan solusi untuk bisa punya rumah layak huni melalui skema fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP) atau KPR subsidi.
advertisement


0 comments:

Post a Comment

Info Populer

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus
Subscribe me on RSS