Home » » Pameran Perumahan Murah di Medan 2013

Pameran Perumahan Murah di Medan 2013

Written By kprbersubsidi on Friday, 30 August 2013 | 14:15

Waspada.co.id - Pelaksanaan kegiatan pameran rumah rakyat atau pameran BLU PPP expo 2013 oleh Kementerian Perumahan Rakyat RI, terhitung tanggal 28 Agustus – 1 September, cukup relevan dengan permasalahan yang di hadapi Kota Medan saat ini.

Dimana Kota Medan salah satu kota terbesar di Indonesia dengan jumlah penduduk dan urbanisasi yang tinggi, secara alami hal ini tentunya cendrung akan terus meningkatkan permintaan akan kebutuhan perumahan layak huni.

Hal ini dikatakan Plt Walikota Medan, Dzulmi Eldin pada acara pameran rumah rakyat yang digelar kerja sama Kementerian Perumahan Rakyat dengan sejumlah Bank Umum dan Bank Pembangunan daerah lainnya, di Mall Grand Palladium Jalan Kapten Maulana Lubis Medan, hari ini.

Dikatakan, perumahan menjadi permasalahan semakin kompleks dikarenakan kebutuhan akan rumah tidak sepenuhnya diimbangi oleh penyediaan perumahan yang layak dan terjangkau. Kita melihat kenyataan banyak masyarakat yang tergolong berpenghasilan menengah dan rendah memiliki kemampuan lemah dan terbatas untuk mengakses perumahan layak huni. Sementara pemerintah kota terus melakukan upaya-upaya terencana untuk mengurangi angka backlog perumahan, namun program tersebut masih banyak mendapat tantangan.

“Saat ini diperkirakan Kota Medan masih menghadapi jumlah backlog rumah sebanyak 144.220 unit dan jumlah rumah tidak layak huni sebanyak 144.220 unit. Untuk itu kami menyadari kita memerlukan alternatif-alternatif lain yang responsife, komrehensif dan sinergis guna memberi terobosan mempercepat pembangunan rumah untuk masyarakat, “ ujar Dzulmi Eldin.

Kementerian Perumahan Rakyat RI diwakili Deputi Rumah Swadaya, Jamil Anshari, dalam kesempatan tersebut memberikan apresiasi kepada para pelaku pembangunan perumahan rakyat atas semua kiprah dan pengabdiannya dalam memajukan pembangunan di sektor perumahan di dalam wilayah Kota Medan dan Sumatera Utara. Khsusunya, semoga semua pengabdian dan peran ini menjadi bagian upaya bangsa dalam memajukan taraf hidup masyarakat.

Dikatakan, pameran ini mengambil tema, “Penyediaan rumah layak huni melalui program KPR-FLPP, bagi masyarakat yang berpenghasilan rendah.”

Pemilahan tema ini merupakan wujud nyata dari komitmen pemerintah untuk terus memperluas penyediaan rumah layak huni secara merata dan makin berkeadilan. Selain itu juga, menunjukkan semangat kita bersama untuk terus memberi kemudahan akses bagi masyarakat berpenghasilan rendah dalam memperoleh perumahan yang layak huni. Sebagai bagian upaya mengentaskan kemiskinan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Menurutnya, pameran ini untuk meperluas pelaksanaan kebijakan pemerintah soal program kredit kepemilikan rumah dengan dukungan fasilitas pembiayaan perumahan atau KPR-FLPP. Program KPR-FLPP adalah hasil kerja sama antara kementerian perumahan rakyat dengan delapan bank umum nasional dan 17 bank pembangunan daerah. Program ini ditujukan untuk makin mepermudah akses kepemilikan rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah melalui pemberian suku bunga tetap sebesar 7,25 persen untuk masa tenor selama 20 tahun, atau lebih ringan dari KPR komersial.

“Melalui program KPR-FLPP ini kita mengatasi blacklog atau kekurangan perumahan ditingkat nasional, juga pameran ini untuk memfasilitasi komunikasi, sinergi dan singkronisasi, antara pengembang dalam meningkatkan kualitas perumahan bagi masyarakat berpenghasilan rendah, “ ujar Jamil Anshari.
advertisement


0 comments:

Post a Comment

Info Populer

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus
Subscribe me on RSS