Home » » Jangan Sampai Tidak Kebagian, Dana KPR Bersubsidi Rp 5,1 Triliun Sudah Habis Tersalurkan

Jangan Sampai Tidak Kebagian, Dana KPR Bersubsidi Rp 5,1 Triliun Sudah Habis Tersalurkan

Written By Eko Marwanto on Thursday, 24 September 2015 | 14:00

Ilustrasi Gambar: Kompas.com
Basuki, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) meminta tambahan anggaran subsidi pembiayaan rumah untuk tahun 2015-2016, karena anggaran sebelumnya dari pendapatan dan belanja negara perubahan (APBN-P) 2015 sebesar Rp 5,1 triliun telah habis.

Dana sebesar Rp. 750 miliar siap diajukan kembali oleh kementrian PUPR kepada kementrian keuangan untuk program Subsidi perumahan yang dikucurkan lewat Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP).

Dalam rangka Program 1 Juta Rumah, potensi pembiayaan mencapai Rp 67,8 triliun yang akan dipenuhi sebagian dari APBN, dana bantuan uang muka perumahan dari BPJS ketenagakerjaan, Bapertarum-PNS, PT Taspen dan Perum Perumnas, serta FLPP.

Target masyarakat penerima program ini adalah Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR), yang merupakan konsumen berpenghasilan di bawah dari Rp 4 juta (untuk membeli rumah tapak) dan pendapatan di bawah Rp 7 juta (untuk membeli rusun). Adapun harga rumah untuk MBR adalah antara Rp 115 juta/unit, hingga Rp 165 juta/unit untuk rumah tapak.

Dari sisi pembiyaan, bantuan yang diberikan adalah bantuan uang muka Rp 4 juta/rumah, subsidi bunga KPR menjadi hanya Rp 5% tetap selama 20 tahun serta izin pengajuan KPR dengan DP alias uang muka 1%.

Bagi masyarakat sekalian yang pada saat ini memang sedang mencari perumahan, seggera saja. Walau program ini sedang berjalan, namun tidak ada salahnya mencari terlebih dahulu perumahan yang akan dibeli nantinya. Karena kebanyakan KPR bersubsidi memang lokasinya jauh dari kota, sehingga ada beberapa faktor yang harus diperhatikan dalam mencari KPR bersubsidi yang sesuai dengan harapan Anda.

Faktor lokasi, ketersediaan air bersih, dekat dengan fasilitas umum dan sarana transportasi merupakan beberapa faktor yang harus diperhatikan dalam mencari perumahan KPR bersubsidi, faktor bangunan dan spesifikasi material dapat menjadi faktor sampingan, karena jika memiliki uang nanti dapat direnovasi kembali. Jadi, segera saja lakukan pencarian Anda, Sekarang!!.
advertisement


0 comments:

Post a Comment

Info Populer

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus
Subscribe me on RSS