Home » » Program KPR. Kepemilikan Rumah Khusus Untuk TKI 2016

Program KPR. Kepemilikan Rumah Khusus Untuk TKI 2016

Written By Eko Marwanto on Sunday, 31 January 2016 | 01:06

Sebagai salah satu pahlawan devisa negara, Tenaga Kerja Indonesia (TKI) atau Tenaga kerja Wanita (TKW) dan Buruh Migran Indonesia (BMI) sudah selayaknya mendapatkan perhatian dari pemerintah, terutama tentang kemudahan untuk memiliki hunian atau rumah sendiri, yang tentunya di negri sendiri pula, Indonesia tercinta.

Badan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) mengandeng  PT Bank Tabungan Negara/BTN (Persero) Tbk? dalam menyediakan fasilitas kredit pemilikan rumah (KPR) khusus bagi tenaga kerja Indonesia (TKI) yang tengah bekerja di luar negeri. KPR khusus TKI tersebut resmi diluncurkan di sela kunjungan kenegaraan Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla ke Korea Selatan (Korsel), akhir pekan kemarin.

Setelah Korea Selatan (Seoul) yang telah menerima 5.000 fasilitas pelayanan Kredit Perumahan Rakyat (KPR) untuk para Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang bekerja di Korea Selatan, BTN juga akan akan memberikan fasilitas KPR serupa kepada TKI yang bekerja di Hong Kong, Taiwan, Jepang, dan Singapura.

Program ini juga dikawinkan dengan program pemerintah, yaitu program sejuta rumah untuk rakyat. Sehingga masyarakat di Indonesia maupun di luar negri dapat menyerap program yang diperuntukkan bagi masyarakat berpenghasilan menengah kebawah ini.

KPR bersubsidi BTN memberikan beban bunga 5 persen dengan uang muka 1 persen dari harga rumah. Untuk plafon subsidi, BTN memberikan harga rumah tapak maksimal Rp120 juta. Sementara itu, harga rumah apartemen atau rumah susun sederhana sewa (rusunawa) maksimal Rp 350 juta dengan cicilan bunga tetap 5 persen.

Masa cicilan KPR tetap diberlakukan maksimal 20 tahun. Persyaratan yang diperlukan mendapatkan rumah KPR tersebut hanya surat kontrak kerja TKI yang mayoritas berlaku selama lima tahun.

Apabila dalam masa cicilan KPR kontrak kerja berakhir, TKI diberikan kesempatan memperpanjang kontrak.

Untuk menyukseskan program KPR bagi para TKI, Mari terus bantu sebarkan informasi ini melalui jejaring sosial Facebook, twitter, Instagram, BBM, Whatsapp dll. Untuk informasi teknis nantinya akan ada sosialisasi lanjutan dari BNP2TKI dan Bank BTN.
advertisement


3 comments:

  1. Jangan tertipu wahai saudara" ku,ini salah satu tipu daya lagi yg akan menjerat kita pada riba,dan akan memaksa kita tetap bekerja di negeri orang...mending cari tanah dan bangun di kampung aja,setelah duitnya dikumpulkan.

    ReplyDelete

Info Populer

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus
Subscribe me on RSS