Home » , » Manfaatkan Fitur Pengelolaan Finansial Pribadi BNI Untuk Mewujudkan Rumah Impian

Manfaatkan Fitur Pengelolaan Finansial Pribadi BNI Untuk Mewujudkan Rumah Impian

Written By Eko Marwanto on Tuesday, 1 August 2017 | 02:27

Mengatur keuangan merupakan salah satu kebiasaan yang menjadi membosankan bagi beberapa orang. Saya sendiri termasuk salah satu orang yang malas mengatur pengeluaran pribadi, apalagi membuat perencanaan keuangan jangka panjang.

Namun, setelah membaca dari beberapa artikel yang memberikan informasi tentang betapa pentingnya mengelola keuangan secara pribadi, saya niatkan untuk mulai mengatur dan merencanakan keungan untuk jangka panjang.

Berruntungnya di era digital saat ini, sudah banyak aplikasi perencanaan dan pengelolaan keuangan pribadi. Salah satunya yang saya gunakan ialah dari fitur pengelolaan keuangan pribadi yang ada di menu BNI Internet Banking.
Tampilan Menu Pengelolaan Finansial Pribadi
Cukup mudah untuk menggunakan fitur pengelolaan finansial pribadi tersebut. Saya tidak perlu menginstall aplikasi tertentu, hanya membuka halaman bni internet banking pada browser kita dan login dengan akun kita. Karena layanan pengelolaan finansial pribadi BNI ada di dalam menu akun internet banking kita.

Saya langsung menggunakan fitur dai BNI internet banking ini untuk merencanakan pembelian rumah untuk di masa yang akan datang. Dalam menu penetapan tujuan, kita dapat menentukan berbagai tujuan keuangan pribadi kita, contohnya: ingin membeli mobil, membeli rumah, merencakan pensiun, biaya pendidikan di masa yang akan datang, dan beragam tujuan kuangan Anda yang lainnya.

Tampilan Pengaturan Tujuan di Menu Pengelolaan Finansial Pribadi BNI Internet Banking
Dalam perencanaan pembelian rumah tentunya saya harus menentukan tujuan berapa harga rumah yang akan saya beli di masa yang akan datang. Dalam hal ini saya menetapkan ingin memiliki rumah dengan harga Rp.700.000.000 (tujuh ratus juta rupiah).

Setelah menentukan harga rumah, kita juga diminta untuk menentukan tahun berapa rumah tersebut akan dibeli nantinya. Kita diminta untuk menuliskan nominal saldo mengendap kita pada saat ini, agar fitur pengelolaan finansial pribadi dapat menghitung nominal uang yang harus disimpan perbulannya.

pada perencanaan keuangan yang saya lampirkan di atas, terlihat nominal uang yang harus ditabung perbulannya cukup besar lebih dari 10 juta rupiah. Untuk memperkecil nominal tersebut kita dapat merubah tanggal akhir tujuan keuangan. Namun, semakin jauh tanggal yang ditentukan, tentunya akan membuat tujuan kita semakin lama. 

Beberapa tips perencanaan keuangan yang dapat kita aplikasikan dalam kehidupan kita untuk mencapai tujuan yang akan dicapai, antara lain:

1. Buat Rencana Pengeluaran Bulanan

Setelah saya mengaplikasikan perencanaan pengeluaran bulanan, saya dapat mengetahui secara pasti mana pengeluaran yang benar-benar konsumtif dan dapat dihemat dari pengeluaran-pengeluaran pada bulan sebelumnya.

Beberapa pengeluaran yang tercatat antara lain: yakni: makanan, perumahan (cicilan), dan transportasi, pembayaran utang, tabungan, biaya rumah tangga, dan barang-barang opsional seperti hiburan.

2. Manfaatkan Promo Untuk Belanja Bulanan/Mingguan

Istri saya sering memanfaatkan promo belanja bulanan atau promo akhir pekan yang hampir selalu ada pada swalayan besar maupun swalayan kecil yang ada di Indonesia. Hal ini terbukti menghemat pengeluaran bulanan, sehingga lebih banyak uang yang ditabung dari sisa budget belanja bulanan.

3. Tahan Diri Dari Godaan Diskon Penjualan Terhadap Barang Yang Tidak Dibutuhkan

Tawaran promosi seperti diskon serta hadiah tambahan merupakan salah satu trik penjual untuk menarik pelanggan. Kita sebagai konsumen pada saat ini harus jeli ketika melihat promo diskon tersebut. Bisa jadi, penjual telah menaikkan harga barangnya dan kemudian diberi label diskon.

Setelah kita menentukan rencana pengeluaran bulanan, dari sana kita dapat memantau barang diskon dan promo mana saja yang sebenarnya kita butuhkan. Sehingga kita dapat membatasi produk apa saja yang akan kita beli dengan tidak mudah terpengaruh rayuan diskon terhadap produk yang pada dasarnya memang bukan kebutuhan kita.

4. Menabung, Menabung, dan Menabung

Untuk mencapai tujuan keuangan kita, mau tidak mau kita harus terus menabung. Begitu pula dengan saya pribadi, setelah menentukan tujuan keuangan, tentunya tujuan tersebut dapat dicapai dengan waktu lebih lama atau lebih singkat. Semuanya tergantung pengalokasian dana dari penghasilan yang kita peroleh setiap bulannya.

Dari beberapa tips yang telah saya paparkan di atas, dan dikombinasikan dengan fitur pengelolaan finansial pribadi dari Bank BNI, diharapkan dapat mempermudah kita semua untuk mencapai tujuan keuangan kita dengan mudah.

Salah satu kunci untuk mencapai hal tersebut ialah disiplin. Dengan disiplin membuat perencanaan, pengelolaan pemasukan dan pengeluaran, serta disiplin menabung, beruntungnya pada fitur pengelolaan finansial pribadi Bank BNI kita dapat membuat rekening khusus dan mengatur alokasi anggaran kuangan untuk dialihkan ke rekening khusus tersebut. fitur itu dapat melakukan transfer berkala dengan nominal yang dapat kita tentukan secara otomatis setiap bulannya. Sehingga kita lebih disiplin secara otomasi untuk menabung hingga tujuan keuangan tersebut dapat tercapai dikemudian hari nanti.


advertisement


0 comments:

Post a Comment

Info Populer

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus
Subscribe me on RSS